Kamis, 11 Oktober 2012

Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) Mikrotik


Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) merupakan suatu cara untuk meningkatkan kehandalan jaringan dengan menggunakan hotstandby router. Protokol ini selalu memonitor kondisi router aktif dan siap menyediakan alamat ip jika router aktif tidak tersedia Mikrotik routerOS® VRRP telah memenuhi RFC2338, sehingga kompatibel dengan router komersial lainnya, dengan keterbatasan hanya 255 virtual router per interface.

Sistem VRRP memilih router yang digunakan berdasarkan prioritas router. Pada saat router didalam virtual router ini hanya satu yang berada pada mode master, dan lainnya dalam kondisi slave. Router pada kondisi master selalu mengirimkan informasi VRRP ke semua router yang berada pada posisi backup. Jika selama 3 selang informasi BRRP tidak ada, maka backup router berdasar prioritas memproklamasikan menjadi master menggunakan RFC2338.

Access Internet mungkin merupakan salah contoh yang tidak boleh terputus, misalnya pada sebuah ISP atau Bank. Contoh kali ini memperlihatkan penggunaan VRRP untuk menjaga koneksi internet. routerA dan routerB terhubung langsung ke internet dengan LAN interface bernama local dengan IP VRRP
172.16.33.1. Pada kondisi normal routerA berfungsi sebagai master dan routerB sebagai backup.

Contoh Kasus Anda Memiliki 2 Koneksi yang mana salah satu koneksi akan dijadikan secondary atau back up dari koneksi primary..

Berikut Konfigurasinya :

Primary Router

Secondary Backup


IP VRRP Di Kedua Router

Untuk mengetahui apakah Setting VRRP kita berjalan atau tidak, Matikan salah satu mesin dan lihat bagaimana status master dan backup server berpindah.

Selamat mencoba :D





2 komentar:

  1. pertanyaannya, apakah harus memakai alat yang sama untuk redudansi ini pak ?? misalnya di router 1 saya pakai router rakitan dengan 3 interface ethernet, yg router 2 saya mengunakan RB450, apakah bisa seperi itu?

    BalasHapus
  2. mohon maaf agak telat balesnya ..

    tidak harus apa itu mikrotik rakitan ataupun RB450.
    Untuk beda router pun bisa

    BalasHapus